Makanan Penyebab Kista Payudara

Makanan menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko tumbuhnya kista di payudara, sehingga penting bagi anda para wanita untuk menghindari dan mengurangi makanan penyebab kista payudara tersebut dan berikut adalah beberapa makanan tersebut.

Makanan Penyebab Kista Payudara

Makanan Penyebab Kista Payudara

Kista adalah kantung berisi cairan yang bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh salah satunya adalah payudara, bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya bahkan bisa hilang dengan sendiri tanpa penanganan dan pengobatan utamanya jika kista terbilang kecil.

Namun walapun begitu, pada sebagian kasus kista bisa menyebabkan timbulnya berbagai keluhan sehingga penting untuk melakukan penanganan dan pengobatan bahkan disarankan untuk melakukan pengobatan baik secara medis yakni dengan jalan operasi atau secara alami dengan mengkonsumsi obat kista tradisional.

Berikut ini adalah beberapa gejala kista payudara yang perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan serius, yakni :

  • Ukuran kista payudara besar ( 5 cm ke atas )
  • Timbul rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara
  • Cairan kista mengandung darah
  • Payudara mengalami pembengkakan

Segera temui dokter guna mendapatkan pengangan jika beberapa keluhan tersebut mulai anda rasakan, namun anda tidak perlu khawatir, karena seperti apa yang telah kami sebutkan diatas bahwa kista bersifat jinak sehingga tidak akan berkembang menjadi kanker payudara.

Selain melakukan penanganan dan pengobatan, penting juga bagi anda menjaga pola makan karena ada beberapa jenis makanan penyebab kista sehingga perlu dihindari dan pantang untuk dikonsumsi oleh anda penderita kista payudara.

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kista payudara tersebut, yakni :

  • Makanan yang diolah menggunakan bahan plastik dalam microwave, hal tersebut karena partikel kimia yang menempel pada plastik dapat menempel pada makanan jika dipanaskan dalam suhu tinggi.
  • Kacang kedelai, mengandung senyawa fitoestrogen yang bisa meningkatkan hormon estrogen serta xenoestrigens sehingga bisa memicu tumbuhnya kista di payudara.
  • Makanan yang di goreng dan dibakar, karena makanan tersebut bisa menghasilkan zat karsinogen yang bisa merangsang tumbulnya sel abnormal dalam tubuh seperti kanker dan tumor.
  • Minuman yang dikemas botol plastik, hal tersebut karena kemungkinan air tercampur zat kimi dari kemasan.
  • Beberapa jenis sayuran sepeti kangkung, sawi putih dan tauge sebaikanya dihindari oleh penderita kista payudara karena sayuran tersebut bisa memicu tumbunya sel abnormal dalam tubuh termasuk kista.
  • Minuman beralkohol dan bersoda
  • Seafood dan daging, kedunya mengandung zat berbahaya yang bisa memicu tumbunya kista, tumor hingga kanker sehingga tidak boleh sering-sering mengkonsumsi makanan tersebut.
  • Makanan isntan seperti makanan kaleng, mie instan, snack dan berbagai macam makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi karena semua makanan tersebut mengandung zat kimia yang berasal dari bahan pengawet.

Nah itulah beberapa makanan penyebab kista payudara yang sebaiknya dihindari oleh semua wanita jika tidak ingin menderita penyakit kista payudara, utamanya bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit kista payudara dan tengah dalam masa pengobatan maka makanan tersebut pantang untuk dikonsumsi.

Mengingat makanan menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kista payudara, maka mulai dari sekarang lebih bijaklah dan selektif dalam mengkonsumsi makanan sehingga kesehatan anda akan senantiasa terjaga.

Demikianlah informasi singkat tentang makanan penyebab kista payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan artikel ini jika anda rasa bermanfaat.

Baca Juga :

Gejala Kista Payudara Pecah
Bahaya Kista Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *