Ciri Kista Payudara Pecah Dan Cara Mengobatinya

Ciri Kista Payudara Pecah .- Dalah kondisi tertentu kista payudara bisa pecah dan itu bisa menimbulkan bahaya, untuk itu penting bagi anda khususnya wanita mengenal dan mengetahui bagaimana ciri atau gejala kista payudara pecah.

Ciri Kista Payudara Pecah

Kista payudara adalah kantung berisi cairan pada payudara bersifat jinak dan tidak bisa berkembang menjadi ganas, Kista Payudara Pecahbisa tumbuh di satu atau kedua payudara dengan jumlah bervariasi bisa hanya satu atau bahkan lebih dari satu.

Sebagian besar kista payudara dialami atau terjadi pada wanita sebelum menopause yakni usia antara 35-50 tahun atau juga bisa terjadi pada wanita setelah menopause yang tengah mejalani terapi hormon.

Salah satu indikasi atau gejala kista payudara adalah timbulnya benjolan di payudara berbentuk oval atau bulat dengan batas yang jelas.

Jika ukuran kista payudara masih tergolong kecil maka tidak diperlukan tindakan atau penanganan khusus bahkan kista bisa hilang dengan sendirinya sehingga bagi anda yang memilikinya anda tidak perlu khwatir.

Namun sebaliknya jika ukuran kista payudara sudah besar dan menimbulkan gejala atau keluhan berupa nyeri hebat atau timbulnya rasa tidak nyaman maka barulah penanganan dan pengobatan diperlukan.

Salah satu penanganan yang biasa dilakukan dan disarankan oleh dokter adalah operasi dengan tujuan mengangkat dan mengeluarkan cairan kista.

Timbulnya rasa sakit pada payudara juga bisa disebabkan oleh kista payudara pecah, dan kondisi ini bisa menimbulkan bahaya.

Kista payudara pecah bisa terjadi secara spontan atau karena suatu cedera.

Nyeri yang timbul karena kista payudara pecah biasanya terjadi secara tiba-tiba yang disertai payudara mengalami pembengkakan.

Nah, segeralah temui dokter jika tiba-tiba anda merasakan nyeri pada payudara yang disertai pembengkakan serta ditemukannya benjolan pada payudara anda.

Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat bahaya kista payudara bisa anda hindari.

Diagnosis Kista Payudara

Ada beberapa hal atau serangkaian pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh dokter untuk menentukan sejauh mana penyakit kista payudara yang diderita serta pengobatan yang tepat untuk dilakukan, dan berikut serangkaian pemeriksaan tersebut, yakni :

  • Pemeriksaan fisik. Setelah membahas gejala yang dirasakan pasien, dokter dapat melanjutkan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara keseluruhan, terutama pada benjolan di payudara.
  • Pemeriksaan cairan pada benjolan payudara. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam benjolan di payudara untuk mengambil cairan dari kista tersebut. Jika cairan tidak mengandung darah dan kista menghilang setelah cairan diambil, maka tidak diperlukan pemeriksaan lanjutan. Sedangkan jika cairan yang dikeluarkan berdarah atau tidak ada cairan yang keluar dari benjolan, maka diperlukan pemeriksaan dengan pemindaian jaringan payudara.
  • Pemindaian payudara. Pemeriksaan ini bisa dilakukan melalui foto Rontgen, atau USG. Mammogram dapat mendeteksi adanya pemadatan jaringan atau kalsifikasi pada kelenjar payudara. Sementara pemindaian payudara dengan USG dapat memastikan benjolan tersebut berisi cairan atau padat. Jika berisi cairan, maka benjolan tersebut dapat didiagnosis sebagai kista payudara.

sumber : alodokter.com

Cara Mengobati Kista Payudara Pecah

Untuk meredakan sekaligus mengobati gejala kista payudara pecah maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan, yakni :

  1. Kompres dengan air hangat atau dingin. Hal ini bisa membantu saat kista terasa nyeri.
  2. Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Cara lainnya adalah dengan menghindari kafein. Gejala pada beberapa penderita kista dapat berkurang saat mereka tidak mengonsumsi kafein, baik yang terkandung dalam minuman ataupun makanan.
  3. Gunakan penyangga atau bra yang dapat menopang payudara dengan nyaman.
  4. Konsumsi obat kista payudara alami

Demikianlah informasi singkat tentang ciri kista payudara pecah dan cara mengobatinya ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda sekaligus menambah pengetahuan anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *