Ciri Ciri Kista Payudara Yang Harus Di Operasi

Ciri Ciri Kista Payudara .- Kista payudara yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan serius bisa berbahaya, untuk itu sangat penting bagi anda wanita mengetahui informasi seputar bahaya kista payudara dan gejalanya.

Ciri Ciri Kista Payudara

Sama seperti jenis kista lainnya, kista payudara adalah kantung berisi cairan berbentuk bulat dengan karakteristik kenyal seperti balon diisi air, namun bedanya kantong berisi cairan tersebut tumbuh disekitar jaringan payudara.

Ciri Ciri Kista PayudaraSecara umum penyakit kista payudara lebih sering terjadi pada wanita dengan usia diatas 30 tahun, akan tetapi wanita yang berusia dibawah 30 tahun juga bisa mengalaminya.

Banyak wanita yang merasa takut ketika dirinya terdiaknosa menderita penyakit kista payudara, utamanya jika kista payudara sudah menimbulkan benjolan besar di payudara.

Perlu anda ketahui bahwa benjolan kista payudara tidak akan tumbuh menjadi kanker sehingga anda tidak perlu takut yang berlebihan.

Akan tetapi walaupun begitu anda mesti dan tetap mewaspadainya yakni dengan cara melakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika anda mengalami gejala atau ciri ciri kista payudara.

Karena jika tidak kista bisa tumbuh membesar atau banyak hingga 17 benjolan baik disalah satu atau kedua payudara.

Tidak hanya itu, kista payudara yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan juga bisa terjadi berulang kali.

Dan berikut ini adalah beberapa ciri atau gejala kista payudara yang mesti diobati, yakni :

  • Benjolan padat dengan bentuk yang tidak teratur.
  • Nyeri payudara yang sifatnya menetap atau hilang-timbul.
  • Payudara terasa penuh.
  • Nyeri tumpul dan berat.
  • Pembengkakan dan nyeri tekan sebelum menstruasi
  • Nyeri payudara berkurang setiap selesai menstruasi.

Segera konsultasikan dan temui dokter jika beberapa ciri ata gejala kista payudara anda rasakan atau alami sehingga hal buruk ( bahaya ) yang mungkin saja terjadi akibat kista bisa dihindari. ( Baca : Bahaya Kista Payudara )

Salah satu tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter guna mengatasi penyakit kista payudara adalah dengan operasi.

Hal tersebut dilakukan jika beberapa tindakan lainnya seperti terapi hormon dan aspirasi jarum ( penyedotan cairan kista ) tidak membuhkan hasil atau kista payudara hilang timbul selama berbulan-bulan, cairan kista mengandung darah, atau kista menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Ciri Ciri Kista Payudara Yang Harus Di Operasi

Operasi menjadi opsi terakhir yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengatasi penyakit kista payudara, utamanya jika kista payudara menunjukan gejala mengkhawatirkan sebagai berikut, yakni :

Ciri Ciri Kista Payudara Yang Harus Di Operasi

  • Ukuran kista payudara besar ( 5 cm ke atas )
  • Timbul rasa nyeri dan tidak nyaman pada payudara
  • Cairan kista mengandung darah
  • Payudara mengalami pembengkakan

Tujuan operasi tersebut adalah untuk mengangkat kista yang tumbuh di payudara.

Waktu yang diperlukan untuk operasi kista payudara adalah kurang lebih selama 2 jam tergantung seberapa banyak kista yang tumbuh di payudara.

Sementara itu biaya operasi kista payudara tidaklah sedikit yakni mencapai angka Rp.14.000.000 sampai Rp.26.000.000 sekali operasi.

Angka tersebut bukanlah angka valid karena setiap rumah sakit memasang tarif yang berbeda-beda dan tentunya angka tersebutlah tidaklah murah.

Banyak kasus yang terjadi meskipun sudah operasi kista tumbuh lagi sehingga operasi bukan jaminan anda bisa terbebas dari kista payudara sepenuhnya.

Untuk itu tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan dengan masak terlebih dahulu sebelum mengambila operasi untuk mengatasi penyakit kista yang anda derita.

Anda juga bisa mencari alternatif lain untuk bisa sembuh dari penyakit kista payudara tanpa harus operasi.

Silahkan anda baca ini : Cara Mengobati Kista Payudara Tanpa Operasi

Demikianlah informasi singkat tentang ciri ciri kista payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *