Bahaya Penyakit Kista Payudara

Perlu anda ketahui, inilah bahaya penyakit kista payudara yang bisa muncul jika tidak diatasi dan diobati dengan serius, untuk itu jangan abaikan segera atasi dengan serius kista payudara yang dialami sebelum semuanya terjadi.

Bahaya Penyakit Kista Payudara

Bahaya Penyakit Kista Payudara

Kista payudara adalah kondisi dimana munculnya kantung berisi cairan disekitar jaringan payudara.

Salah satu gejala atau indikasi yang menunjukan adanya kista di payudara adalah timbulnya benjolan di payudara dengan karakteristik benjolan berbentuk bulat atau oval dengan tekstur lembek atau lembut ( seperti balon berisi air ) hingga padat saat disentuh atau diraba.

Ukuran dari benjolan tersebut beragam mulai dari hanya beberapa mili saja hingga 1-2 inchi yakni 2,5-5 cm. Selain itu kista di payudara juga bisa tumbuh lebih dari satu.

Kista biasa terjadi pada wanita yang memiliki usia antara 35 hingga 50 tahun, dengan begitu maka jika saat ini anda berusia antara 35 hingga 50 tahun dan menemukan benjolan di payudara dengan karakteristik lembek serta menimbulkan rasa nyeri maka kemungkinan anda menderita penyakit kista payudara.

Lalu, Apakah Kista Payudara Berbahaya ?

Bahaya Penyakit Kista Payudara

Kista payudara tergolong jinak serta tidak mengarah pada kanker payudara atau kecil kemungkinan berkembang menjadi kanker payudara sehingga tidaklah terlalu membahayakan.

Akan tetapi walaupun begitu jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalaminya maka sebaiknya diatasi dan diobati dengan serius utama jika sudah menimbulkan gejala.

Berikut ini adalah beberapa gejala kista payudara yang umumnya dialami oleh penderita kista payudara, yakni :

  1. Benjolan padat dengan bentuk yang tidak teratur.
  2. Nyeri payudara yang sifatnya menetap atau hilang-timbul.
  3. Payudara terasa penuh.
  4. Nyeri tumpul dan berat.
  5. Pembengkakan dan nyeri tekan sebelum menstruasi
  6. Nyeri payudara berkurang setiap selesai menstruasi.

Ketika anda mengalami beberapa gejala tersebut maka kista payudara yang anda derita sudah membesar serta diperlukan penanganan dan pengobatan.

Karena jika tidak, kista bisa semakin membesar sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga pecah.

Pecahnya kista di payudara bisa membuat penderitanya tersiksa karena bisa mengalami peradangan dan pembesaran pada payudara hingga timbulnya rasa sakit yang teramat sangat.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa jika ukuran kista di payudara sudah semakin membesar diperlukan penanganan dan pengobatan lebih serius.

Salah satu penanganan yang biasa disarakan dan dilakukan oleh dokter adalah bedah operasi dengan tujuan mengangkat benjolan kista.

Operasi jelas bukan perkara mudah dan murah mengingat bisa menimbulkan efek samping serta memerlukan biaya yang tidak sedikit, dimana besaran biaya operasi kista payudara adalah sebesar Rp.5.000.000 hingga Rp.26.000.0000.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa banyak penderita kista payudara tidak ingin melakukan operasi walaupun dokter menyarankannya mungkin salah satunya anda.

Baca : Cara Mengobati Kista Payudara Tanpa Operasi

Selain operasi jika ukuran kista kecil maka dokter bisanya akan melakukan Aspirasi jarum halus ( proses penyedotan cairan kista ) hingga terapi hormon dengan menggunakan pil KB.

Cara Menangani Kista Sendiri Dirumah

Jika saat ini anda menderita kista payudara dan sudah menimbulkan ketidak nyamana atau gejala, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan sekaligus mengobati kista payudara sendiri dirumah, yakni :

  • Kompres dengan air hangat atau dingin. Hal ini bisa membantu saat kista terasa nyeri.
  • Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh. Cara lainnya adalah dengan menghindari kafein. Gejala pada beberapa penderita kista dapat berkurang saat mereka tidak mengonsumsi kafein, baik yang terkandung dalam minuman ataupun makanan.
  • Gunakan penyangga atau bra yang dapat menopang payudara dengan nyaman.
  • Konsumsi obat kista payudara tradisional

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit kista payudara ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halamam sederhana kami ini dan salam sehat.

Jangan lupa, bagikan artkel ini jika anda rasa bermanfaat !

Bahaya Penyakit Kista Payudara

Post By

www.kistapayudara.niherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *